Oleh: oyoth | Februari 24, 2009

STRATEGI BELAJAR UNTUK UN 2009

Waktu yang tersedia untuk persiapan Ujian Nasional tinggal dua bulan lagi. Benarkah demikian?

Marilah kita hitung jam efektif belajar kita. Total hari tersedia mulai tanggal 30 Februari 2009 sampai dengan 20 April 2009 adalah 55 hari. Pertama hari tersebut kita kurangi dengan hari minggu (libur). Ada 8 hari minggu. Praktis waktu efektif tinggal 47 hari. Kemudian kita kurangi lagi dengan waktu untuk TPHBS, sekitar 10 hari. Maka waktu belajar yang tersisa tinggal 37 hari. Untuk sekolah umu, kita kurangi lagi dengan libur di luar hari minggu yang meliputi hari libur hari raya, hari tenang pemilu, dan hari pemilu. Totalnya adalah 6 hari. Maka waktu efektif untuk belajar tinggal 31 hari. Sedangkan untuk sekolah swasta kristiani, masih ditambah lagi libur paskah sekitar 5 hari. Total jenderal waktu tersisa tinggal 26 hari efektif. Eh, masih kurang….. ada TO4 dari MKKS selama tiga hari. Maka… harus kita terima bahwa waktu efektif persialan ujian kita tinggal 23 hari.

Bayangkan! 23 hari lagi Ujian Nasional.

Kalau mau kita hitung-hitung lagi, waktu 23 hari tersebut harus kita bagi ke dalam 6 mata pelajaran. Jadi, secara matematis, tiap mata pelajaran tinggal memiliki waktu 4 kali 24 jam (kalau kita tidak tidur lho).

Terus bagaimana kita mau sukses UN 2009?

Mungkin tips ini bermanfaat.

Pertama, ambil SKL 2009, cermati bagian KEMAMPUAN YANG DIUJI. HItunglah toli (jumlah poin) pada bagian tersebut.

Kedua, ambil soal-soal TO yang sudah Anda kerjakan baik TO dari sekolah maupun TO dari MKKS. Tandai nomor-nomor soal yang sudah dapat Anda kerjakan dan setelah dicocokkan Anda memberikan jawaban benar.

Ketiga, buatlah tabel identifikasi yang memberikan informasi SKL yang diujikan dan hasil TO1, TO2, dst.

Sampai pada langkah ketiga ini Anda akan memperoleh informasi tentang penguasaan Anda atas SKL. Secara garis besar akan terdapat tiga kategori, yaitu (1) SKL yang selalu dapat Anda jawab benar, (2) SKL yang kadang-kadang Anda jawab benar, dan (3) SKL yang selalu Anda jawab salah.

Untuk soal-soal yang selalu dapat Anda jawab benar, ABAIKANLAH materi-materi tersebut karena secara intuitif Anda pasti dapat menjawab soal-soal tersebut.

Untuk soal-soal yang selalu Anda jawab salah, ABAIKANLAH materi-materi tersebut karena soal tersebut dibuat bukan untuk Anda melainkan untuk orang-orang PANDAI.

Fokuskan perhatian Anda pada soal-soal yang kadang-kadang Anda jawab benar. SKL untuk kategori ini perlu mendapat perhatian agar bisa berubah menjadi SELALU ANDA JAWAB BENAR. Kiranya ini lebih mudah karena sebenarnya sudah lebih dari 50% SKL ini Anda kuasai. Tinggal menyempurnakan.

Jika SKL kategori ini dapat Anda ubah menjadi SELALU DAPAT ANDA JAWAB BENAR, maka pastilah nilai akan bertambah. Daripada menyediakan banyak waktu untuk mencermati soal-soal yang PASTI SULIT bagi Anda padahal waktunya tinggal sedikit.

Tips lain!

Kita memiliki kebiasaan buruk, selalu memulai segala sesuatunya dari NOL atau SATU. Saya kemukakan sebuah analogi. Anda berlatih angkat besi. Waktu yang tersedia untuk latihan adalah satu jam. Sepuluh menit pertama Anda melakukan pemanasan. Kemudian berlatih mengangkat beban mulai dari 1 kilo, 2 kilo, 3 kilo, 4 kilo, dan akhirnya 10 kilo. Waktu habis.

Hari berikutnya, Anda melakukan hal yang sama. Pemanasan, 1 kilo, 2 kilo, 3 kilo, 4 kilo, dan akhirnya 10 kilo. Waktu habis. Begitu seterusnya.

Apa masalahnya? Seharusnya hari berikutnya dia mulai mengangkat beban dari 4 kilo, bukan dari 1 kilo (karena terlalu ringan) atau 10 kilo (bisa patah tulang nanti). Maka dapat dimungkinkan pada hari kedua dia dapat mengangkat beban seberat 14 kilo.

Bukankah kebiasaan kita dalam belajar seperti itu? Selalu mengulang materi yang sama tanpa terlebih dahulu mengelompokkan materi (SKL) ke dalam kelompok GAMPANG BAGIKU, kelompok SEDANG BAGIKU, dan kelompok SULIT BAGIKU????

Semoga bermanfaat!

Salam,

Agustinus Suyoto, S.Pd (Penyusun Buku Siap UN Bahasa Indonesia dalam 50 JP (dalam proses terbit);  penyusun soal-soal TO Sastra Indonesia  MKKS KOta Yogyakarta untuk UN 2008 , UN 2009;  peserta DIKLAT SISTEM PENILAIAN Dinas Pendidikan Provinsi DIY tahun 2008 dan 2009)


Responses

  1. oke juga tu pak. aku uda nyoba belajar di internet. ternyata banyak juga yang bantu. hehe

    btw, apakah strategi belajar itu juga berlaku untuk UM UGM ?

  2. pak , ada web tentang pelajaran2 gitu . lumayan buat ‘belajar di warnet’ . hehe .
    webnya : http://www.sicerdik.com
    not so bad kok

  3. pak, soal yg F-2009 ko akhirx gk di bhas tw pak??
    kuncix donk pak, pnasaran ne bner brp??

  4. bagus juga saran – sarane… temen2 siswa dapat mengerti dengan mudah… sebagai bahan berlatih tersebut pakai saja buku “Strategi Khusus Menghadapi Ujian Nasional SMA/MA 2010” …. lebih jelasnya lihat di http://haryanto-kimiaku.blogspot.com …. semoga berhasil UN 2010


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: